Jurnal HPJI | Penurunan kondisi jembatan dapat disebabkan oleh durabilitas material, volume lalu lintas dan beban, kondisi lingkungan, atau adanya bencana alam. Untuk itu diperlukan kegiatan rehabilitasi jembatan.
Proses rehabilitasi jembatan seringkali membuat akses jalan terputus dan proses penanganannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk mencegah adanya daerah yang terisolir, diperlukan pembangunan jembatan darurat, yang biasa disebut dengan jembatan panel rangka baja atau biasa disebut juga sebagai jembatan Bailey.
Pembangunan jembatan panel rangka baja dapat menggunakan beberapa metode pemasangan, yaitu full-span, shoring, balanced cantilever, dan semi balanced cantilever. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas dan efisiensi metode erection jembatan panel rangka baja.
Untuk itu, dilakukan observasi lapangan dan wawan-cara yang terkait dengan perakitan jembatan panel rangka baja. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan secara kualitatif dengan membandingkan biaya, waktu, dan tingkat kemudahan pemasangan jembatan panel rangka baja.
Studi ini menunjukkan bahwa pemasangan jembatan panel rangka baja yang menggunakan metode semi balanced cantilever merupakan pemasangan yang paling mudah, membutuhkan waktu pemasangan hanya 13 hari untuk bentang 30 m, dan dengan biaya yang paling murah.